Kelemahan Dan Kekurangan Buku Hj. Etin Solihatin


kisanaris.com - Math is simple and fun.

Ringkasan Buku Cooperatif Learning (Hj. Etin Solihatin)


A. IDENTITAS BUKU


Judul buku    : cooperatif learning 
Penulis          : Dra. Hj. Etin Solihatin, M.Pd 
Tahun terbit  : 2007 
ISBN            : 979 – 010 – 003 – 5 
Penerbit        : PT Bumi Aksara 
Alamat          : Jl. Sawo Raya No 18 


B. Ringkasan


Dalam menggunakan model belajar kooperatif learning didalam kelas ada beberapa konsep mendasar yang perlu diperhatikan dan diupayakan oleh dosen. Dosen dengan kedudukan sebagai perancang dan pelakasanaan pembelajaran dalam menggunakan model ini harus memperhatikan beberapa konsep dasar yang merupakan dasar –dasar konseptual dalam penggunaan cooperatif learning. 

Adapun prinsip – prinsip dasar tersebut menurut Stahl (1994) meliputi sebagai berikut: 

  • Perumusan Tujuan Belajar Mahasiswa Harus Jelas. Sebelum menggunakan strategi pembelajaran, dosen hendaknya memulai dengan merumuskan tujuan pembelajaran dengan jelas dan spesifik.tujuan tersebut menyangkut apa yang diinginkan oleh dosen untuk dilakukan oleh mahasiswa dalam kegiatan belajarnya. 
  • Penerimaan yang menyeluruh oleh mahasiswa tentang tujuan belajar. Dosen hendaknya mampu mengkondisikan kelas agar mahasiswa menerima tujuan pembelajaran dari sudut kepentingan diri dan kepentingan kelas. oleh karena itu mahasiswa dikondisiskan untuk mengetahui dan menerima kenyataan bahwa setiap orang dalam kelompoknya menerima dirinya untuk bekerja sama dalam mempelajari seperangkat pengetahuan dan ketrampilan yang telah ditetapkan untuk dipelajari. 
  • Ketergantungan yang bersifat positif. Dosen harus merancang struktur kelompok dan tugas-tugas kelompok yang memungkinkan setiap mahasiswa untuk belajar dan mengevaluasi dirinya dan teman klompoknya dalam penguasaan dan kemampuan memahami materi pelajaran. 
  • Interaksi yang bersifat terbuka. Dalam kelompok belajar, interaksi yang terjadi bersifat langsung dan terbuka dalam mendisksusikan materi dan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen. 



Tanggung jawab individu 

Salah satu dasar penggunaan cooperatif learning dalam pembelajaran adalah bahwa keberhasilan belajar akan lebih mungkin dicapai secara lebih baik apabila dilakukan dengan bersama-sama. 



Kelompok bersifat heterogen 

Dalam pembentukan kelompok belajar, keanggotaan kelompok harus bersifat heterogen sehingga interaksi kerja sama yang terjadi merupakan akumulasi dari berbagai karakteristik mahasiswa yang berbeda. 



Interaksi sikap dan perilaku sosial yang positif 

Dalam mengerjakan tugas kelompok, mahasiswa bekerja dalam kelompok sebagai suatu kelompok kerja sama. Dalam interaksi dengan mahasiswa lainnya mahasiswa tidak begitu saja bisa menerapkan dan memakasakan sikap dan pendirian pada anggota lainnya. 

C. KELEBIHAN BUKU 

Dalam buku pertama memiliki isi pembahasan yang tidak dimiliki buku lainnya yaitu mengkaji bagaimana implikasi model pembelajaran cooperatif. 

Isi buku mengkaji perbedaan model pembelajaran cooperatif dan model pembelajaran lainnya dengan jelas. 

Isi pembahasan mudah dimengerti dan dipahami. 

Dalam buku kedua memiliki isi pembahasan yang tidak dimiliki buku lainnya yaitu pembahasan akan fase – fase dan aktivitas guru dengan menggunakan model pembelajaran cooperatif learning 

Isi pembahasan sangat membantu guru menentukan langkah – langkah yang harus diambil dalam menggunakan model pembelajaran cooperatif learning 

Isi pembahasan menggunakan kalimat yang cukup mudah dipahami 


D. KEKURANGAN BUKU 
  • Tidak mengkaji bagaimana konsep model pembelajaran cooperatif learning secara jelas 
  • Kalimat yang digunakan kurang efektif 
  • Tidak mengkaji prinsip dan implikasi model pembelajaran cooperatif leanring secara jelas 
  • Kosakata atau diksi yang digunakan kurang efektif 
  • Tidak mengkaji bagaiman seorang guru menggunakan model pembelajaran cooperatif learning 
  • Isi pembahasan lebih tertuju pada seorang dosen mengelola kelas 

E. Kesimpulan 

Model pembelajaran cooperatif learning lebih mengandung pengertian sebagai kerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Dengan model pembelajaran ini menunjukkan efektifitas yang sangat tinggi bagi memperoleh hasil belajar siswa baik dilihat dari pengaruhnya terhadap penguasaan materi maupun ketrampilan sosialnya didalam kelompok. 


F. Saran 

Sebaiknya dalam isi pembahasan setiap buku lebih diperdalam lagi sehingga dapat menjadi pegangan guru dalam melakukan aktivitas guru mengelola kelas. adapun untuk memperbaikinya dapat dilakukan dengan menggabungkan ketiga buku tersebut yang akan saling melengkapi satu sama lain.

0 Response to "Kelemahan Dan Kekurangan Buku Hj. Etin Solihatin"

Post a Comment