Definisi Kubus Dan Komponen - komponen Kubus

kisanaris.com - Math is simple and fun.
Sebelumnya telah dijelaskan mengenai bangun ruang BALOK. Untuk melihat kembali definisi dan komponen - komponen balok klik disini. Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai definisi kubus dan komponen - komponenya.


Definisi Kubus Dan Komponen - Komponen Kubus

A. Definisi Kubus 
Kubus adalah bangun ruang yang dibentuk oleh enam persegi dengan bentuk dan ukuran sama
Kubus merupakan sebuah bangun ruang yang dibentuk oleh enam buah persegi yang bentuk dan ukurannya sama. Dari gambar terlihat bahwa bidang alas kubus tersebut adalah ABCD dan bidang atap atau tutup adalah EFGH. Sisi - sisi lainnya adalah ADHE, BCGF, ABFE, dan DCGH.

Lihat Definisi Balok

B. Komponen - Komponen Kubus
Adapun bagian-bagian dari kubus yaitu sebagai berikut :

1. Sisi kubus.
Daerah-daerah pada kubus dinamakan sisi kubus. Sisi - sisi pada kubus sepasang - sepasang berhadapan. Salah satu sisi dinamakan bidang alas, yaitu sisi ABCD. Sisi yang berhadapan dengan sisi alas adalah sisi atas atau tutup, yaitu sisi EFGH. Sisi - sisi lainnya dinamakan sisi tegak atau dinding.

2. Rusuk kubus. 
Pertemuan dua sisi berupa ruas garis dinamakan rusuk. Kubus memiliki 12 rusuk yang sepasang-sepasang berhadapan. Rusuk-rusuk pada bidang atas dinamakan rusuk-rusuk atas. Sedangkan yang lain dinamakan rusuk-rusuk tegak.

3. Titik sudut kubus. 
Pertemuan tiga rusuk dinamakan titik sudut kubus atau pojok kubus. Ada 8 titik sudut kubus yang sepasang-sepasang berhadapan. Sebagai ilustrasi titik sudut A berhadapan dengan titik sudut G dalam kubus. Ternyata titik sudut kubus juga merupakan pertemuan tiga bidang sisi. Sebagai ilustrasi titik sudut A merupakan pertemuan bidang sisi ABCD, ABFE dan ADHE.

4. Diagonal sisi. 
Diagonal sisi pada kubus dinamakan diagonal sisi. AC dan Bd adalah contoh diagonal - diagonal sisi ABCD.

5. Diagonal ruang.
Garis yang menghubungkan dua titik sudut yang berhadapan dalam kubus dinamakan diagonal ruang. Sebagai ilustrasi diagonal ruang AG.

6. Bidang diagonal
Jika ABCD. EFGH adalah suatu kubus maka bidang BDHF dinamakan bidang diagonal.

7. Jaring-jaring kubus
Jaring-jaring kubus adalah rangkaian sisi - sisi kubus yang jika dibentangkan akan terbentuk sebuah bidang datar.

0 Response to "Definisi Kubus Dan Komponen - komponen Kubus"

Post a Comment