Pengertian Media Sosial Dan Ciri-Ciri & Penjelasannya

kisanaris.com - Math is simple and fun. Sebelumnya telah dibahas mengenai definisi literasi media dan kemampuan inti literasi media. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang definisi media sosial.

A. Apa Itu Media Sosial (Social Media)? 

Media sosial merupakan salah satu bagian dari media baru yang perkembangannya sangat pesat, dan kebanyakan penggunanya adalah anak muda, sehingga kehadiran media sosial di media baru sangat diperhitungkan . begitu juga dengan nominal jumlah penggunanya yang semakin meningkat.

Media sosial telah menjelma menjadi sarana komunikasi, informasi, dan interaksi yang semakin massif digunakan di era digital ini. Media sosial memberikan berbagai kelebihan yang mengatasi berbagai kendala komunikasi, informasi dan interaksi yang dihadapi pada era sebelumnya. Salah satu kendala tersebut adalah jarak. Sebagai sebuah media komunikasi, media sosial memiliki ciri yang khas.

Baca juga : Penemuan William Hendry Yang Menggemparkan Dunia

B. Ciri-Ciri Dari Media Sosial (Social Media)

 Menurut Teri Kwal Gamble dan Michael Gamble (Alyusi, 2016: 277-279) beberapa ciri dari media sosial adalah sebagai berikut: 

Pertama, pesan yang disampaikan tidak hanya untuk satu orang saja, namun bisa ke berbagai banyak orang. Dengan sistem dua arah, media sosial menyediakan fasilitas penyampaian pesan ke lebih dari satu orang. Ini tidak ditemukan pada sistem komunikasi nondigital yang masih manual, di mana satu pesan hanya bisa dikirimkan kepada satu penerima pesan. 

Kedua, pesan yang disampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu gatekeeper. Di media sosial, pesan tidak mengalami proses sensor. Pesan bisa disampaikan secara bebas kepada penerima pesan. Seorang pengguna media sosial bisa dengan leluasa mengirimkan pesan kepada pengguna media sosial yang lain tanpa khawatir bahwa pesannya akan tidak disampaikan secara utuh. 

Ketiga, pesan yang disampaikan cenderung lebih cepat dibandingkan dengan media lainnya. Karena ditunjang sistem yang canggih, media sosial memiliki kecepatan yang tinggi dalam menyampaikan pesan.

Pesan bisa sampai kepada penerima dalam waktu sekejap. Berbeda dengan media konvensional yang membutuhkan waktu untuk mengirimkan pesan kepada penerima.

Seorang pengguna media sosial cukup hanya menuliskan pesannya misalnya, lalu menekan tombol “send” di layar komputernya, pada saat itu juga pesannya akan diterima oleh penerima pesan. Hampir tak ada jeda waktu. 

Keempat, penerima pesan yang menentukan waktu interkasi. Penerima pesan via media sosial memiliki otoritas untuk menentukan kapan mereka akan melakukan interaksi.

Baca juga :
Jenis - Jenis Media Sosial Beserta Fungsinya


0 Response to "Pengertian Media Sosial Dan Ciri-Ciri & Penjelasannya"

Post a Comment