Jenis-Jenis Media Sosial Beserta Fungsinya

kisanaris.com - Math is simple and fun. Media sosial merupakan salah satu bagian dari media baru yang perkembangannya sangat pesat, dan kebanyakan penggunanya adalah anak muda, sehingga kehadiran media sosial di media baru sangat diperhitungkan . begitu juga dengan nominal jumlah penggunanya yang semakin meningkat.

Jenis - Jenis Media Sosial Beserta Fungsinya

Mayfield dalam bukunya What is social media, membagi media sosial menjadi tujuh jenis dasar. Pembagian ini menjelaskan beberapa hal mengenai fungsi di media sosial, yaitu: 

1. Sosial Networks 
Situs yang mendukung orang-orang dalam membangun halaman web pribadi dan dapat berkomunikasi dengan teman lama maupun menemukan teman baru, berbagi ilmu, pengetahuan dan menjalin komunikasi, selain itu social networks juga medapat menyediakan berbagai fitur yang memudahkan penggunanya dalam membagikan file yang dapat berupa dokumen, video, audio, dan bahkan ada yang menyediakan fitur video call yang dapat membuat pengguna melakukan panggilan dengan melihat langsung lawan bicaranya melalui video. Sosial networks saat ini semakin banyak dibuat oleh berbagai negara,seperti Line yang berasal dari Jepang, dan Facebook yang berasal dari Amerika. 

2. Blogs 
Blogs adalah bentuk dari media sosial yang dapat berupa jurnal online, berita ringan, dan bahkan menceritakan kisah kehidupannya berupa tulisan yang tidak dibatasi. Penulisan di blog sedikit lebih rumit dibandingkan dengan media sosial biasa, karena tidak hanya perlu mengatur tulisan dan gambar, tetapi juga harus menyesuaikan segala konten yang akan disediakan oleh pengguna, misalnya video, tema, atau efek-efek lainnya. Contoh dari blogs adalah Wordpress dan Blogger. 
3. Wiki 
Situs yang mengizinkan orang untuk berkontribusi atau menyusun isi di dalam wacana. Wiki tergolong dalam kolaborasi yang baik, untuk menulis dokumen terbesar instansi atau perencanaan karya dengan kelompok di beberapa kantor. Sifatnya dapat bersifat pribadi atau umum, tergantung orang yang menulis di dalam dokumen, namun tidak sedikit orang-orang yang dapat memanipulasi segala isi yang ada dalam sebuah wiki. Contoh dari wiki yaitu Wikipedia dan Wikileaks. 

4. Podcasts 
Podcasts merupakan data audio atau video yang dipublikasikan melalui internet dan pengguna dapat berlangganan. Podcasts terkadang digunakan secara khusus untuk menggambarkan video, dan kesannya seperti video recorder pribadi, dan juga banyak digunakan sebagai tempat untuk mencari teman, dan banyak juga yang dijadikan sebagai tempat untuk berbagi informasi. Contohnya 
AppleiTunes. 
5. Forums
Tempat diskusi yang dilakukan secara online, seperti berdiskusi mengenai sesuatu yang sedang populer, atau sedang menjadi pembicaraan hangat.Setiap diskusi dalam forum disebut Thread, untuk memberikan wacana dan perbedaan dalam beragumen ini memberikan tanggapan antar penikmat forum. Contoh dari forum online ini adalah Yahoo!Answer, Meebo, Yahoo! Messenger, Line Group/ Group chat, dan lain-lain. 

6. Content Communities
Isi komunitas seperti jejaring sosial yang mengorganisasi dan berbagi mengenai berbagai macam isi seperti foto, dan video. Harus melalui registrasi kemudian mendapatkan home page dan dapat berkomunikasi dengan teman.Fokusnya berbagi pada jenis keterangan dari isi, seperti Flickr yang memuat gambar untuk dipublikasikan dan berbagi video dengan Youtube. 

7. Microblogging 
Microblogging adalah alat kobinasi dari blog dengan pesan singkat dan jejaring sosial. Salah satu contohnya adalah Twitter, yang memimpin posisi microblogging di tingkat teratas dengan lebih dari satu juta pengguna.

Baca juga :
Gunung Sinabung Kembali Meletus
Penyebab Kematian Stephen Hawking?
Sri Mulyani Menjadi Menteri Terbaik Dunia

0 Response to "Jenis-Jenis Media Sosial Beserta Fungsinya"

Post a Comment