Definisi Balok Dan Komponen - Komponennya

kisanaris..com - Math is simple and fun.
Sebelumnya telah dijelaskan mengenai bangun ruang KUBUS. Untuk melihat kembali definisi dan komponen - komponen kubus klik disini. Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai definisi balok dan komponen - komponenya.

Definisi Balok Dan Komponen - Komponennya

A. Definisi Balok
Balok merupakan sebuah bangun ruang yang dibentuk oleh enam buah persegi panjang

Balok merupakan sebuah bangun ruang yang dibentuk oleh enam buah persegi panjang. Dari gambar tesebut terlihat bahwa bidang alas dari balok tersebut adalah ADHE, BCGF, ABFE dan DCGH. Sisi -sisi yang berhadapan pada suatu balok kongruen dan sejajar.

Lihat Definisi Kubus

B. Komponen - Komponen Balok
Adapun bagian-bagian balok sebagai berikut :
1. Sisi Balok.
Daerah-daerah pada balok dinamakan sisi balok. Sisi - sisi pada balok sepasang - sepasang berhadapan. Salah satu sisi dinamakan bidang alas, yaitu sisi ABCD. Sisi yang berhadapan dengan sisi alas adalah sisi atas atau tutup, yaitu sisi EFGH. Sisi - sisi lainnya dinamakan sisi tegak atau dinding.

2. Rusuk balok. 
Pertemuan dua sisi berupa ruas garis dinamakan rusuk. balok memiliki 12 rusuk yang sepasang-sepasang berhadapan. Rusuk-rusuk pada bidang atas dinamakan rusuk-rusuk atas. Sedangkan yang lain dinamakan rusuk-rusuk tegak.

3. Titik sudut balok. 
Pertemuan tiga rusuk dinamakan titik sudut balok atau pojok balok. Ada 8 titik sudut balok yang sepasang-sepasang berhadapan. Sebagai ilustrasi titik sudut A berhadapan dengan titik sudut G dalam balok. Ternyata titik sudut balok juga merupakan pertemuan tiga bidang sisi. Sebagai ilustrasi titik sudut A merupakan pertemuan bidang sisi ABCD, ABFE dan ADHE.

4. Diagonal sisi. 
Diagonal sisi pada balok dinamakan diagonal sisi. AC dan Bd adalah contoh diagonal - diagonal sisi ABCD.

5. Diagonal ruang.
Garis yang menghubungkan dua titik sudut yang berhadapan dalam balok dinamakan diagonal ruang. Sebagai ilustrasi diagonal ruang AG.

6. Bidang diagonal
Jika ABCD. EFGH adalah suatu balok maka bidang BDHF dinamakan bidang diagonal.

0 Response to "Definisi Balok Dan Komponen - Komponennya"

Post a Comment