Buku Psikologi Pendidikan Karangan Muhibbinsyah | Ringkasan

kisanaris.com - Math is simple and fun.

Ringkasan Buku Psikologi Pendidikan Karangan Muhibbinsyah

A.IDENTITAS BUKU 

Judul buku : PSIKOLOGI PENDIDIKAN 

Penulis : Muhibbinsyah 

Kota terbit : Bandung 

Penerbit : PT REMAJA ROSDAKARYA 

Tahun terbit : 2015 

B. Rangkuman 

Bab 1 (PENDAHULUAN) 

Menurut Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional Bab 1 (1) Pendidikan adalah “usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan susasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”. 

Untuk melaksanakan profesinya, tenaga kependidikan khususnya guru sangat memerlukan aneka ragam pengetahuan dan ketrampilan keguruan yang memadai dalam arti sesuai dengan tuntutan zaman dan kemajuan sains dan teknologi. Diantara pengetahuan – pengetahuan psikologi terapan dengan pendekatan baru yang erat kaitannya dengan proses belajar dan mengajar dalam suasana zaman yang berbeda dan penuh tantangan seperti sekarang ini. 

Bab 2 (Psikologi, pendidikan dan pengajaran) 

Psikologi dalam istilah lama disebut ilmu jiwa itu berasal dari kata bahasa ingris psychology yang bersumber dari bahasa yunani (greek) yaitu : 1)psyche yang berarti jiwa; 2) lohos yang berarti ilmu. Jadi secara harfiah psikologi memang berarti ilmu jiwa. Pendidikan berasal dari kata “didik”lalu kata ini mendapat awalan me sehingga menjadi “mendidik”, artinya memelihara dan memberi latihan. 

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Psikologi pendidikan menurut para ahli adalah subsdisiplin psikologi , bukan psikologi itu sendiri. Mereka menganggap psikologi pendidikan tidak memiliki teori, konsep dan metode sendiri. 

Bab 3 (Proses Perkembangan Dan Hubungannya Dengan Proses Belajar) 

Setiap organisme, baik manusia maupun hewan pasti mwengalami peristiwa perkembangan selama hidupnya. Perkembangan (Development) adalah proses atau tahapan pertumbuhan kearah yang lebih maju. Pertumbuhan sendiri berarti tahapan peningkatan sesuatu dalam hal jumlah, ukuran dan arti pentingnya. Fase – fase perkembangan yaitu : 

fase bayi dan kanak-kanak 

fase anak-anak 

Fase Remaja 

Fase Dewasa 

Fase Setengah baya 

Fase usia Tua 

Bab 4 (Belajar) 

Belajar adalah kegiatan yang beproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam penyelenggaraan setiap jenis dan jenjang pendidikan. Ini berarti bahwa berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan itu amat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa, baik ketika ia berada disekolah maupun di lingkungan rumah atau keluarga sendiri. Proses adalah kata yang berasal dari bahasa latin “ prosessus” yang berarti “berjalan kedepan”. Kata ini mempunyai konotasi urutan langkah atau kemajuan yang mengarah pada suatu sasaran atau tujuan. 

Bab 5 (Ciri, Perwujudan, jenis, Pendekatan, dan faktor yang mempengaruhi belajar) 

Setiap perilaku belajar selalu ditandai oleh ciri-ciri perubahan yang spesifik. Diantara ciri-ciri perubahan khas yang menjadi karakteristik perilaku belajar yang terpenting adalah yaitu perubahan intensional, perubahan positif dan aktif dan perubahan efektif dan fungsional. 

Dalam hal memahami arti belajar dan esensi perubahan karena belajar terdapat titik temu diantara mereka mengenai hal-hal-hal yang prinsipal. Akan tetapi mengenai apa yang dipelajari siswa dan bagaimana perwujudannya tetap merupakan teka-teki yang sering menimbulkan silang pendapat yang tajam diantara para ahli. 

Bab 6 (Prestasi, Lupa, Kejenuhan, Transfer, dan Kesulitan Belajar) 

Evaluasi adalah penilaian terhadap tingkat keberhasilan siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam sebuah program. Tujuan evaluasi yaitu pertama untuk mengetahui tingkat kemajuan yang telah dicapai oleh siswa dalam kurun waktu proses belajar tertentu. Kedua, untuk mengetahui posisi atau kedudukan seorang siswa dalam kelompok kelasnya. Ketiga, untuk mengetahui tingkat usaha yang dilakukan siswa dalam belajar. keempat, untuk mengetahui segala upaya siswa dalam menyalahgunakan kapasitas kognitifnya untuk keperluan belajar. 

Bab 7 (Mengajar) 

Mengajar merupakan istilah kunci yang hampir tak pernah luput dari pembahasan mengenai pendidikan karena keeratan hubungan antara keduanya. Sebagian orang menganggap bahwa mengajar tak berbeda dengan mendidik. Arifin (1978) mendefinisikan mengajar sebagai “ suatu rangkaian kegiatan penyampaian bahan pelajaran kepada murid agar dapat menerima, menanggapi, menguasai dan mengembangkan bahan pelajaran itu”. Tugas dan tanggung jawab guru sebagai pendidik adalah membantu dan membimbing siswa untuk mencapai kedewasaan seluruh ranah kejiwaan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan baik kriteria institusional maupun konstitutional. 

Bab 8 (Guru Dan Proses Mengajar Dan Belajar) 

Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia edisi kedua 1991, guru diartikan sebagai orang yang pekerjaannya (mata pencahariannya) mengajar. Kata guru dalam bahasa arab disebut mu’allim dan dalam bahasa inggris teacher itu memang memiliki arti sederhan yakni A person whose occupation is teaching others. Artinya guru adalah seorang yang pekerjaannya mengajar orang lain. Menurut tinjauan psikologi, kepribadian pada prinsipnya adalah susunan atau kesatuan aspek perilaku mental (pikiran, perasaan dan sebagainya) dengan aspek perilaku behavioral (perbuatan nyata). 


MATERI SEPUTAR KAMPUS


C. Kelebihan dan kekurangan Buku 

1. Buku Media Pembelajaran ini memilki beberapa kelebihan antara lain: 

- Menyajikan pengenalan dasar definisi PENDIDIKAN belajar dan mengajar dengan terstruktur dan mudah dipahami. 

- Dalam buku ini banyak menguraikan karakteristik belajar dan mengajar dengan baik. 

- Dalam buku ini konsep serta prinsip setiap bab dibahas secara jelas sehingga memudahkan pembaca untuk memahaminya. 

- Terdapat gambar-gambar pendukung topik pembahasan sehingga menambah tarik membaca. 

- Buku ini ditulis dengan bahasa yang ringan, mudah dipahami, dan komunikatif sehingga buku ini mudah dicerna oleh semua kalangan. Hal-hal yang berkaitan dengan Pendidikan mulai dari pengertian, manfaat, jenis dan karakteristik calon guru yang baik. 

- Buku media Pembelajaran ini, dapat digunakan sebagai referensi yang baik bagi guru pada khususnya dan bagi semua pembaca pada umumnya. 


Kelemahan Dan Kelebihan Buku Edi Susilo


2. Buku Media Pembelajaran ini memiliki beberapa kekurangan, antara lain : 

- Belum mencantumkan contoh-contoh implementasi dari apa yang dibahas secara lebih real. Contoh-contoh yang diberikan secara umum saja. 

- Tidak semua pembahasan tentang belajar dan mengajar dalam kelebihan dan kelemahan dibahas, sehingga dapat membuat pembaca penasaran apakah ada kelebihan dan kekurangan dari pengajaran tersebut. 

- Warna setiap halaman hitam dan putih sehingga tidak menarik. 


D. KESIMPULAN 

Psikologi sangat bermanfaat untuk membantu para guru dan calon guru dalam memahami proses dan masalah kependidikan serta mengatasi masalah tersebut dengan metode saintifik psikologi. 


E. SARAN 

Guru segogiyanya memahami proses perkembangan dalam hubungannya dengan belajar, mengajar dan proses mengajar – belajar dalam mengelola PMB. 



0 Response to "Buku Psikologi Pendidikan Karangan Muhibbinsyah | Ringkasan"

Post a Comment