Langkah - Langkah Memodelkan Sistem Persamaan Linier

kisanaris.com - Math is simple and fun.

Sistem Persamaan Linier

Sebuah persamaan linier dalam n variabel merupakan persamaan yang dapat dibentuk :

a1x1 + a2x2 + . . . + anxn = c

Dengan a1,a2, . . . , an dan merupakan bilangan real dan x1 ,x2. . . xmerupakan variabel.

Pada bagian kali ini akan dipelajari cara menyelesaikan sistem persamaan dengan dua variabel.
Berikut contoh munculnya suatu sistem :
Pompa bensin di tangerang Selatan menjual dua tipe bensin. Premium Rp. 5.000,- per liter dan pertamax Rp. 9.000,- perliter. Pada akhir hari penjualan kasir mendapat penerimaan berjumlah 1.720.000,- dan 280 liter bensin terjual. Berapa literkah bensin terjual tiap tipe?

Misalkan x dan y merupakan bensin premium dan pertamax yang terjual. masing-masing dapat diekspresikan sebagai masalah sistem persamaan :

x + y  = 280              ......................... Banyak bensin terjual
5x + 9y = 1.720        ......................... Total Penerimaan (Dalam ribuan)

Dalam menyelesaikan sistem ini kita harus menentukan nilai x dan y untuk memenuhi kedua persamaan tersebut. Penyelesaian tersebut dapat dilakukan dengan metode subtitusi, eliminasi, campuran dan grafik. Penyelesaian sistem tersebut x = 200, y = 80. Klik disini.

Penyelesaian tersebut ditulis dalam pasangan berurut (200, 80) dengan maknanya 200 liter bensin premium dan 80 liter bensin pertamax yang terjual.

Memodelkan Sistem Linier

Biasanya saat menggunakan persamaan untuk menyelesaikan permasalahan dalam pengetahuan atau area lain, terdapat sistem seperti yang dibahas sebelumnya. Untuk memodelkan sistem persamaan digunakanlah panduan sebagai berikut :

Berikut panduan untu memodelkan sistem persamaan 
1. Identifikasi Variabel. Identifikasi kuantitas dari permasalahan yang diminta penyelesaiannya. Hal ini dapat diketahui dengan membaca secara cermat pertanyaan yang diajukan pada akhir masalah. Perkenalkan notasi untuk variabel (misalkan x dan y atau huruf lainnya).

2. Menyatakan kuantitas yang tidak diketahui dalam suatu suku variabel. Baca permasalahan lagi dan nyatakan semua kuantitas yang disebutkan dalam permasalahan dalam bentuk variabel.

3. Buatlah sistem persaamaan. Temukan fakta penting dari permasalahan yang berhubungan dengan pernyataan yang didapat dari langkah 2. Buatlah sebuah sistem persamaan (atau sebuah model) yang menyatakan hubungan tersebut.

4. Tentukan penyelesaian sistem dan menerjemahkan hasilnya. Tentukan penyelesaian dari sistem yang didapat di langkah 3, periksa hasilnya dan nyatakan jawaban akhir sebagai kalimat yang menjawab pertanyaan yang diajukan.

0 Response to "Langkah - Langkah Memodelkan Sistem Persamaan Linier"

Post a Comment