Cara Buat Nomor Halaman Skripsi (Karya Tulis Ilmiah)

kisanaris.com - Salam hangat matematika. Matematika mudah dan menyenangkan. Bagaimana kabar sobat hari ini?. Pada kesempatan kali ini saya ingin meluangkan waktu saya untuk membahas seputar permasalahan yang sering terjadi di kampus. Sebelum itu saya ingin memberi sedikit cerita kepada sobat. 

Tepat pukul 17.00 WIB tadi yaitu tanggal 10 february. Saya dan teman-teman nongkrong di tempat favorite kami. Semua sibuk dengan keasikkannya sendiri. Seorang yang satu asik mengerjakan skripsi. Seorang  yang lain asik bermain gadgetnya. Dan saya asik membuat blog ini. hehehe,,,.

Tak beberapa lama kemudian. Datang seseorang memakai tongkat. Sanbil memakai tongkat dia meraba-raba jalan ke arah kami. Dengan kepala diangkat dan mata tertutup rapat sambil menengadahkan tangan. Ternyata seorang pengemis buta. Karena iba akhirnya seorang dari kami mengambil uang dan memberikannya. 

Sang kakek pun pergi berjalan keluar tempat tongkrongan kami. Tiba-tiba,, Tiiitttti,, Titiitt,, Woy,, Teriak sang kakek. Dia angkat tongkatnya dan memarah-marahi pengendara. Seketika kamipun tertawa bersama-sama. Ternyata kakek itu tidak buta dan hanya berpura-pura.

Nah,, Apa yang dapat saya ambil hikmah dari hal itu iya lah. Tidak perlu buta untuk mendapatkan uang. Berusaha terus dan bekerja keras serta berdoa adalah kunci kesuksesan.

Klik disini untuk lihat cerita yang lebih lucu lagi

10 Cerita Lucu dan Bermakna Modren

Skripsi, Cara buat nomor halaman pada skripsi


Cara Menomori Halaman Skripsi

Apakah sobat seorang mahasiswa? Jika ya berarti sobat akan sering namanya mengerjakan suatu makalah / karya tulis ilmiah terutama skripsi sebagai salah satu syarat kelulusan. Berikut saya berikan langkah - langkah menomori halaman :

Buka file word yang akan diberikan nomor halaman. Jika belum pernah diberi penomoran halaman footer dan headernya akan terlihat seperti berikut :

Arahkan kursor ke halaman kedua. Kemudian klik menu Page layout > Page Setup. Kemudian Pilih Appl to > This point forward


 Maka tampilan footer dan header telah terbagi menjadi section 1 dan section 2.



Kemudian Pilih menu Insert > Page Number > Bottom page. Untuk memberi nomor pada halaman. Akan muncul nomor setiap halam dari awal sampai akhir. Untuk membuat halaman pertama no 1 nya dibawah dan nomor seterusnya diatas. Blok No. halaman angka 2 saja > klik Link To Previous hingga warna kuningnya menghilang.


Berarti kita sudah memisahkan halaman 1 dan halaman 2 kemudian kita hapus no. halaman angka 2 nya otomatis halaman seterusnya akan ikut terhapus kecuali halaman no 1.


Kemudian Untuk membuat no. halaman berikutnya yaitu 2 sampai seterusnya diatas halaman. Pilih menu Insert > Page number > Top Page. Maka pada atas halaman akan diberi nomor dari 1 sampai seterusnya. Halaman perta akan memiliki dua no. halaman.


Cara menghilangkan angka 1 diatas halaman sama halnya seperti tadi. Blok no. Halaman angka 2 dan klik Link To Previous. Kemudian hapus angka 1 pada halaman. Maka akan menjadi seperti ini.


Kemudian, Terkadang untuk diawal kita mampu melakukannya. Namun pada bab berikutnya sobat sering mengalami kendala. Misalnya kita masuk ke BAB II. Tahapnya sama saja seperti tadi sobat bermain di section - section nya. Misal kita masuk ke BAB II. Kita pilih menu Insert > Page Layout > pilih aply to the point forward.


Maka akan terbentuk section baru yaitu section 3. Lakukan lagi pada halaman setelah BAB II sehingga membentuk section 4.

 Beri nomor halaman di footer section 3. Pilih menu Insert > Page Number > Bottom Page. Maka pada halaman akan tertera no. halaman lanjutan. Pada halaman sebelum BAB II akan tertulis kembali no halaman yang telah kita hapus tadi. Nah,, kila Blok no halaman angka 5 klik Link To Previous. Kemudian hapus halaman sebelumnya. Secara otomatis halaman sebelum BAB II akan menghilang.


Selanjutnya. Lakukan cara yang sama seperti sebelumnya untuk membuat no halaman 5 dibawah dan halaman 6 seterusnya diatas halaman. Pilih menu Insert > Page Number > Top Page. Blok halaman klik link to previous. Kemudian hapus angka tersebut.




Demikian cara untuk membuat nomor halaman skripsi atau karya tulis ilmiah. Jika mengalami kesulitan dalam melakukan prosesnya. Tonton Tutorial cara membuat no halaman Skripsi dibawah :




Salam hangat matematika. Matematika mudah dan menyenangkan.





1 Response to "Cara Buat Nomor Halaman Skripsi (Karya Tulis Ilmiah)"