Sifat Yang Dipegang Teguh Seorang Entrepreneur Sejati

kisanaris.com - Math is simple and fun

Sifat-Sifat Seorang Entrepreneur Sejati

Karakter entrepreneur diperlukan menjadi sebuah kekuatan untuk menyikapi aneka tuntutan hidup pada era kompetisi, dimana eksistensi personal ditengah lonjakan tinggi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat manusia hidup digiring individualis, hedonis, dan materialis. Kekuatan personal secara ekonomi menjadi pisau tajam menembus, melumpuhkan kaum lemah. 

Berikut beberapa sifat yang dimiliki seorang entrepreneur untuk membuat perubahan dan perkembangan personal, yaitu :

1. Tidak suka uluran tangan pihak lain
Bagi seorang entrepreneur tidak ada hal yang paling mulia dan bermartabatnya kehidupan karena bisa memenuhi  kebutuhan hidup sendiri tanpa harus ditolong-tolong oleh orang lain. Kemandirian atau kekuatan personallah yang membuat seseorang itu berwibawa. Maka sesuatu bernilai haram bila didapatkan sebagai pemberi cuma-cuma dari orang lain.

Senang menerima pemberian orang lain tanpa ada jalan dan alasan yang jelas untuk itu, menandakan diri kita manusia murahyan yang masih perlu dimanusiakan. Situasi inilah yang menjadi karakter banyak orang di negeri ini, mereka suka menikmati sesuatu tanpa harus kerja keringat, melainkan karena dikasihani.

Tindakan kita lah yang dibayar sehingga kita mendapat pemberian orang lain, jika kita tidak ada tindakan yang bermanfaat pada orang lain maka merasa malu menerima uluran tangan mereka.

2. Pantang menyerah (Never Surrender)
Dalam hidup selalu ada problema, kesulitan, hambatan, dan perdebatan . Setiap orang tidak akan pernah lekang dari situasi itu, melainkan pasti pernah mengalaminya. 

Seorang entrepreneur harus bersahabat dengan kegagalan, bersahabat dengan tantangan, dan bersahabat dengan kerugian, sebab ketika berusaha menghindarinya dan bahkan tidak mau bergaul dengan itu, maka keberhasilan - keberhasilan mustahil kita gapai.


Hadapilah kegagalan karena kegagalan merupakan sebuah vitamin untuk menguatkan dan mempertajam intusi dan kemampuan personal kita, selama kegagalan itu tidak mematikan. Setiap usaha selalu mempunyai resiko kegagalan dan harus siap menghadapinya.

Seorang Entrepreneur harus pantang menyerah pada keadaan dan situasi hidup yang terjadi. Sebelum melakukan sebuah tindakan untuk mencoba, tidak berhenti dan berkata gagal. Kunci utama menuju keberhasilan adalah never give up (tidak pernah menyerah).

3. Reaksi Positif menghadapi tantangan
Tidak ada hal mulus yang dialami seseorang dalam memenuhi atau mencapai keinginanya. Biasanya melewati banyak kendala, hambatan, atau tantangan. Bila kita menanggapi setiap kendala secara positif maka kita akan dapat secara tenang dan pikiran yang terbuka mencari jalan keluar.

Saat gagal menimpa, ketika lelah dan kecewa berat jangan mematikan energt kreatif anda. Tetaplah berpikir kreatif, sempurnakan usaha anda atau pikiran langkah baru yang mungkin belum terpikirkan. Agar kita dapat keluar dari situasi itu, jadikanlah semua perlakuan orang - orang terdekat yang meragukan kemampuan kita menjadi pendongkrak sikap kelakuan kita untuk bangkit.

Sebagai entrepreneur, jadikanlah cobaan dan hambatan itu sebagai cambuk yang membangkitkan semangat untuk segera meungkin keluar dari rasa takut, dan pikiran tidak mungkin dalam meraih keberhasilan. Sebab tidak ada keberhasilan yang diraih dengan mudah dan mulus, melainkan dengan beribu kesulitan dan penolakan.

Reaksi postif kita akan membuat kita semakin menjiwai dan mengenali cobaan - cobaan sehingga dengan muidah kita tundukkan.

4. Berorientasi masa depan
Masa depan merupakan milik seseorang yang tidak kenal takut, inovatif, yang mengenali betapa pentingnya mengembangkan kepemimpinan wirausaha dalam organisasinya. Untuk menjadi terdepan maka orang-orang ataupun organisasi tidak akan lalai dan tidak akan berhenti memberi waktu untuk belajar, menulis, meneliti, memberikan saran, konsultasi dan terus belajar.

Sebuah masa depan cemerlang tidak lahir karena pencapaian atas raihan gelar pendidikan dan tingginya jenjang pendidikan personal, melainkan kemampuan seseorang itu dalam mengoptimalkan pemanfaatan potensi kreatif, daya inisiatif dan kepemimpinan personality seseorang.

Orientasi pada masa depan tersahuti ketika sejak sekarang seseorang itu menyadari kondisi-kondisi kritis dan tak mengenakkan yang dialami serta ketika berbagai tantangan dan hambatan dalam memenuhi kebutuhan hari ini terjadi secara kencang.

5. Kepemimpinan
Seorang entrepreneur adalah pemimpin bagi diri dan usahanya. Bertugas mengarahkan, membina atau mengatur dan mempengaruhi dirinya untuk bergerak memenuhi tuntutan tujuan, nilai-nilai dan target yang ditetapkannya sendiri. 

Kemampuan memimpin akan terbukti ketika entrepreneur itu mampu menggerakkan dirinya dengan optimal melakukan tindakan-tindakan menyahuti ide atau gagasan yang dipandangnya bernilai guna dan bermanfaat guna bagi kemajuan dirinya.

Dalam bentuk lain enterpreneur adalah pemimpin pada orang lain. Penggerak dan pendorong orang lain untuk bertindak melakukan tindakan yang kita inginkan . Pengaruh kepribadian kita memicu lahirnya kepribadian positif dalam diri orang lain. 


Ketika kita sudah berhasil menjadi enterpreneur maka kita telah berhasil melakukan tugas kepemimpinan. Keberhasilan itu memenuhi tujuan, nilai, dan target yang kita tetapkan. 

0 Response to "Sifat Yang Dipegang Teguh Seorang Entrepreneur Sejati"

Post a Comment