Perbedaan Arti Statistik dan Statistika

kisanaris.com - Math is simple and fun.
Pada umumnya kebanyakan orang belum mengetahui apa itu statistik dan statistika. Dua kata tersebut memiliki makna yang berbeda. Apa perbedaan statistik dan statistika? Oleh karena itu akan dijelaskan mengenai statistik dan statistika. Perbedaan pengertian statistik dan statistika yaitu :

Apa Itu Statistik ?

Statistik adalah kumpulan angka-angka mengenai suatu permasalah, sehingga dapat memberikan penjelasan mengenai masalah tersebut. Sebagai contohnya yaitu statistik kecelakaan lalu lintas di jalan tol selama bulan juli 2004 sampai desember 2004 adalah :
a. Meninggal   : 12 orang
b Luka parah   : 21 orang
c. Luka ringan : 10 orang

Statistik juga dapat diartikan sebagai ukuran yang dihitung dari sekumpulan data dan merupakan wakil dari data itu. sepeerti, a) Rata-rata nilai ulangan matematika siswa kelas xi ipa adalah 6.5. b) Dari seluruh siswa kelas XII yang lulus 50 % tidak lanjut ke perguruan tinggi.

Apa itu Statistika ?

Statistika merupakan cara ilmiah yang mempelajari pengumpulan, pengaturan, perhitungan, penggambaran, dan penganalisisan data, serta penarikan kesimpulan yang valid berdasarkan penganalisisan yang dilakukan dan pembuat keputusan yang rasional.

Materi Seputar Kampus

Dalam statistika terdapat beberapa istilah yaitu populasi, sampel, variabel dan subjek dan objeknya. Variabel yang diperoleh dengan membilangkan disebut diskrit. Sedangkan variabel yang dapat diukur dengan menggunakan suatu skal kontinu dengan alat yang memiliki ketelitian tertentu disebut kontinu.

Fungsi utama dari statistika yaitu mengumpulkan data dan menata data. Data yang diperoleh dari pengumpulan data tanpa adanya pengolahan data disebut data mentah.

Beberapa Cara Mengumpulkan Data Statistika.

Pengumpulan data dapat diperoleh dengan cara sebagai berikut :
  • Pengamatan (Observasi). Pengamatan adalah cara pengumpulan data dengan mengamati subjek yang diteliti secara langsung.
  • Penelusuran Literatur. Penelusuran literatur adalah cara pengumpulan data dengan menggunakan sebagian atau seluruh data yang telah ada dari penelitian sebelumnya.
  • Penggunaan kuesioner (angket). Penggunaan kuesioner adalah cara pengumpulan data dengan menggunakan daftar pertanyaan atau daftar isian terhadap subjek yang diteliti
  • Wawancara. Wawancara adalah cara pengumpulan data dengan mengadakan tanya jawab langsung kepada subjek yang diteliti.

Langkah-Langkah Membuat Tabel Distribusi Frekuensi

Selanjutnya untuk memperoleh gambaran tentang apa yang diteliti harus dilakukan penataan dan pengolahan data diantaranya adalah dengan menyajikan data dalam bentuk diagram, menyajikan iukuran atau nilai statistik deskriptif dan sebagainya.



0 Response to "Perbedaan Arti Statistik dan Statistika"

Post a Comment