Bagian-Bagian Ukuran Pemusatan Data (Tedensi Sentral)

kisanaris.com - Math is simple and fun.
Ukuran pemusatan data merupakan suatu ukuran atau nilai yang diperoleh dari sekumpulan data dan mempunyai kecendrungan berada ditengah-tengah dari sekumpulan data.

Pada postingan sebelumnya telah dibaha bagaimana cara mengelompokkan data kedalam tabel distribusi frekuensi. Klik disini untuk melihat kembali.

Untuk memperoleh gambaran atau informasi yang lebih lengkap dari sekumpulan data yang kita miliki, masih diperlukan ukuran-ukuran statistik yang dapat memberikan gambaran mengenai sekelompok data tersebut. 

Statistika merupakan cara ilmiah yang mempelajari pengumpulan, pengaturan, perhitungan, penggambaran, dan penganalisisan data serta penarikan kesimpulan yang valid berdasarkan penganalisisan yang dilakukan. 

Jenis-Jenis Ukuran Pemusatan Data

Akan dibahas beberapa ukuran statistik diantaranya adalah ukuran tendensi sentral (Ukuran Pemusatan Data) dan Dispersi (Ukuran Penyebaran Data).

Terdapat 3 macam ukuran pemusatan data (tendensi sentral) yaitu :
A. Rata-rata (Mean)
Rata-rata merupakan salah satu dari ukuran gejala pusat yang sering dipakai dan merupakan wakil dari kumpulan data yang dapat memberikan gambaran yang jelas dan singkat tentang data itu.

Secara umum rata-rata dari sekumpulan data adalah jumlah seluruh nilai data dibagi dengan banyaknya data. 

a) Rata-rata untuk data tunggal 
Misalkan X1, X2, X3, . . ., Xn adalah data dari nilai ulangan n siswa. Maka rata-rata dari nilai tersebut dapat ditentukan dengan rumus :

_
X = (X1+X2+X3, . . ., Xn) / n

dengan,
_
X (eksbar) adalah rata-rata dalam sampel
X1, X2, Xn adalah nilai data
n adalah jumlah data

b. Rata-rata untuk data kelompok
Untuk data kelompok data dibentuk kedalam tabel distribusi frekuensi dengan kelas-kelas interval. Rata-rata untuk data kelompok dapat ditentukan dengan rumus :

Rata - rata data kelompok ditentukan dengan rumus sebagai berikut.
Dengan, 
Xi = merupakan titik tengah kelas ke - I
fi  = merupakan frekuensi kelas ke - i
n merupakan banyaknya kelas interval
B. Median (Nilai Tengah)
Median dari suatu kumpulan data adalah nilai yang terletak di tengah dari data yang ada setelah data diurutkan dari yang terkecil ke yang terbesar. Median merupakan rata-rata apabila ditinjau dari segi kedudukannya dalam urutan data.

Apabila banyaknya data besar, Setelah data diurutkan maka untuk menentukan letak mediannya dapat digunakan rumus sebagai berikut :

                               Letak Median Pada Urutan ke = 1/2 (n+1)
Jika setelah menentukan urutan letak median ternyata diperoleh nomor urut median tersebut bukan bilangan cacah maka harus dilakukan interpolasi.

Cara Membuat Tabel Distribusi Frekuensi 

C. Modus
Modus dari sekumpulan data adalah data yang paling sering muncul atau yang mempunyai frekuensi terbenyak.

Sejumlah data tersebut bisa saja tidak mempunyai modus, mempunyai satu modus (disebut unimodal), mempunyai 2 modus (disebut bimodal) atau mempunyai lebih dari dua modus (disebut multimodal).

Urutan data tidak menjadi penentu dalam menentukan modus, namun dengan mengurutkan data dari terkecil ke terbesar akan membantu dalam menentukan modusnya.


0 Response to "Bagian-Bagian Ukuran Pemusatan Data (Tedensi Sentral)"

Post a Comment