Observasi Video Pembelajaran Matematika Realistik

kisanaris.com - Math is simple and fun.

Observasi Video Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Matematika Realistik

A. Identitas Video Pembelajaran

Judul : VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL 
MATEMATIKA REALISTIK 

Materi : LINGKARAN 

Nama sekolah : MTs Al-Inayah Madrasah Nuurul Falaah 

Link : http://m.youtube.com/watch?v=2_zfyeZtoFl 


B. Ringkasan kegiatan Pembelajaran Matematika Realistik  


Dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan guru diawali dengan memberi salam dan mengecek kehadiran siswa. 

Kemudian guru memberi apersepsi dengan mengajak siswa mengingat kembali pertemuan sebelumnya mengenai definisi lingkaran. Guru menanyakan kepada beberapa siswa yang bisa menjelaskan definisi lingkaran. 

Setelah siswa memberikan pendapat selanjutnya guru mendefinisikan kembali lingkaran. 

Selanjtunya guru menjelaskankeliling lingkaran menggunakan media berupa power point. Dalam power point guru menunjukkan karakteristik dan penggunaan keliling lingkaran dalam kehidupan sehari-hari. 

Setelah memberi pengantar mengenai lingkaran selanjutnya guru membentuk siswa menjadi 5 kelompok dan meberikan LKS kepada setiap kelompok. Guru mempersilahkan siswa berdiskusi dalam kelompok. Sembari siswa berdiskusi dalam kelompok, guru memperhatikan kerja setiap siswa dan mengisi lembar pengamatan sikap siswa. 

Setelah diskusi selesai guru meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Perwakilan setiap kelompok maju dan mempresentasikannya di depan kelas. Siswa yang mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas diberi pujian dan mengajak siswa untuk meberi tepuk tangan. 

Ketika ada yang kurang tepat guru meminta tanggapan dari kelompok lain. Kemudian guru meluruskan kesalahan yang dilakukan. Seterusnya sampai semua kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. 

Setelah semua kelompok telah mempresentasikan hasil diskusinya. guru melakukan evaluasi hasil pemahaman siswa terhadap keliling lingkaran. Guru memberikan soal yang berkaitan dengan keliling lingkaran kepada setiap siswa. 

Guru meminta siswa dalam waktu 5 menit harus sudah menyelesaikan soal tersebut. Setelah siswa selesai, guru meminta kepada 2 orang siswa mengerjakan soal di papan tulis. 

Guru kembali mengoreksi kerja siswa dan memberikan pujian bagi siswa yang maju dan meminta siswa untuk tepuk tangan. 

Diakhir pembelajaran guru memberikan kesempatan kepada siswa yang ingin bertanya kembali. Kemudian guru memberikan kesimpulan mengenai pembelajaran tersebut. 


Analisis Kelebihan Video Pembelajaran : 

Siswa akan lebih mengenal pengaplikasian lingkaran dalam kehidupan nyata 

Siswa akan mampu menerapkan konsep lingkaran dalam kehidupan sehari-hari 

Siswa akan memahami konsep lingkaran dari yang bersifat nyata ke bentuk abstrak 

Alat peraga yang digunakan sesuai dengan situasi pembelajaran pada saat itu. 

Dengan model pembelajaran ini akan membuat siswa tidak mudah lupa karena ikut serta dalam pembelajaran 


Analisis Kekurangan Video Pembelajaran : 

Pada awal pembelajaran tidak diawali dengan doa. 

Guru tidak memberikan hal-hal yang memotivasi siswa. 

Pembagian kelompok yang dilakukan kurang efektif 


Kesimpulan :

Dengan model pembelajaran matematika realistis sangat efektif digunakan dalam materi lingkaran. Karena denga model pembelajaran ini akanmembantu siswamenggali pengetahuannya dari pengalaman sebelumnya dan menempatkan pada realita sebagai titik awal pembelajaran. Dengan model pembelajaran ini siswa akan dapat mengembangkan konsep lingkaran dengan komplit. 

Saran : 

Sebaiknya dalam mengawali pembelajaran diawali dengan doa yang dipimpin oleh guru atau perwakilan siswa misalnya ketua kelas. kemudian dalam kegiatan inti ketika membagi kelompok sebaiknya mengelompokkan siswa sesuai kemampuannya. Dalam satu kelompok akan terdiri siswa yang mempunyai potensi tinggi, sedang dan rendah. 



0 Response to "Observasi Video Pembelajaran Matematika Realistik"

Post a Comment