Langkah-Langkah Pembelajaran Problem Based Learning

kisanaris.com - Math is simple and fun.

Model pembelajaran problem based learning merupkan model pembelajaran berbasis masalah yang yang digunakan untuk menciptakan para peserta didik lebih berpikir kritis dan terampil dalam memecahkan suatu masalah. 
Seiring berkembangnya kurikulum di indonesia saat ini. PBL merupakan model pembelajaran yang yang menempatkan para peserta didik dalam peran aktif sebagai pemecah permasalahan sehari-hari yang tidak terstruktur dengan baik. 

Dengan artian bahwa Problem based Learning (PBL) merupakan pembelajaran yang diarahkan oleh suatu permasalahan sehari-hari.

Langkah - Langkah Pembelajaran Dengan Problem Based Learning (PBL)

Merancang pembelajaran yang menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning materi SMP dan SMA (Matematika)! 
Problem Based Leraning 

Materi : Sistem Persamaan Linear Dua Variabel 

· Tahap 1 : Orientasi siswa terhadap masalah 

Pada tahap ini guru mengarahkan kepada siswa bahwa tujuan pembelajaran tidak untuk memperoleh informasi baru dalam jumlah yang besar, tetapi disini siswa dituntut untuk melakukan penyelidikan terhadap suatu masalah agar siswa tahu bagaimana cara menyajikan masalah suatu materi. Guru mengajukan masalah dan meminta siswa untuk mencermati masalah tersebut. 

Selanjutnya guru meminta siswa untuk mengemungkakan teori dan ide yang dapat digunakan dalam memecahkan masalah tersebut. 

· Tahap 2 : Mengorganisasi siswa untuk belajar. 

Pada tahap ini guru membimbing siswa untuk memecahkan suatu permasalah dengan cara bekerja sama satu dengan yang lain. Guru membagi siswa ke dalam kelompok yang bervariasi, masing-masing kelompok beranggotakan 4-5 orang. 

· Tahap 3 : Membimbing penyelidikan individu dan kelompok. 

Pada tahap ini guru membimbing siswa saat melakukan eksperimen terhadap suatu permasalahan, siswa diarahkan untuk melakukan penyelidikan guna mendapatkan informasi mengenai masalah itu seperti apa dan bagaimana pemecahannya. Siswa melakukan penyelidikan/pemecahan masalah secara bebas dalam kelompoknya. 

Guru bertugas mendorong siswa mengumpulkan data melakukan eksperimen hingga mereka benar-benar mengerti permasalahannya. Tujuannya adalah agar siswa mampu mengumpulkan informasi yang cukup, diperlakukan untuk mengembangkan dan menyusun ide-ide mereka sendiri. Untuk itu guru harus lebih banyak tahu tentang masalah yang diajukan agar mampu membimbing siswa dan memberiikan berbagai informasi yang diperlukan siswa dalam memecahkan masalah tersebut. 

KUMPULAN MATERI SEPUTAR KAMPUS


· Tahap 4 : Mengembangkan dan menyajikan hasil karya. 

Pada tahap ini guru membimbing siswa untuk mengembangkan hasil karyanya dari apa yang dikerjakannya ke dalam bentuk laporan atau vidio. Guru meminta salah seorang anggota kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok dan membantu jika siswa mengalami kesulitan. Kegiatan ini berguna untuk mengetahui hasil sementara pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi yang disajikan. 

· Tahap 5 : Menganalisis dan Mengevaluasi proses pemecahan masalah. 

Pada tahap ini guru membantu siswa menganalisis dan mengevaluasi proses berfikir siswa tentang pemecahan masalah yang telah dikerjakan. Sementara itu siswa menyusun kembali hasil pemikiran dan kegiatan yang dilalui pada setiap tahap pemecahan masalah. 


0 Response to "Langkah-Langkah Pembelajaran Problem Based Learning"

Post a Comment