kisanaris.com - Math is simple and fun. Kemampuan pemecahan masalah merupakan
kesanggupan seseorang dalam menggunakan hal-hal yang telah dipelajari
sebelumnya untuk menyelesaikan masalah matematika.
1. Memahami Masalah (understanding the problem)
A. Kemampuan Pemecahan Masalah
Adapun
pemecahan masalah secara sederhana, merupakan proses penerimaan masalah sebagai
tantangan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dalam menyelesaikan masalah,
diharapkan dapat memahami proses menyelesaikan masalah tersebut dan menjadi
terampil didalam memilih dan mengidentifikasikan kondisi dan konsep yang
relevan, mencari generalisasi, merumuskan rencana penyelesaian dan
mengorganisasikan keterampilan yang telah dimiliki sebelumnya.
Sebuah kerangka kerja
untuk memecahkan suatu masalah telah dijelaskan oleh G. Polya. Teknik pemecahan
masalah yang dijelaskan oleh Polya difokuskan untuk memecahkan masalah dalam
bidang matematika, tetapi prinsip-prinsip yang dikemukakan dapat digunakan pada
masalah-masalah umum. Polya untuk mengukur
kemampuan pemecahan masalah matematik dapat dilihat dari empat indikator .
B. Indikator Pemecahan Masalah
Dalam melihat kemampuan seseorang menyelsaikan suatu permasalahan yang ada sesuai dengan proses yang ada. Terdapat 4 indikator dalam mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika sebagai berikut :
Langkah pertama adalah membaca masalah dan
meyakinkan bahwa kita memahaminya secara benar. Tanyalah pada diri kita dengan
pertanyaan berikut :
a) Apa
yang tidak diketahui atau apa yang ditanyakan?
b) Data
apa yang diberikan?
c) Bagaimana
kondisi soal?
d) Buatlah
gambar dan tuliskan notasi yang sesuai.
Untuk beberapa masalah biasanaya
dibutuhkan untuk membuat beberapa notasi atau model matematikanya, seperti
persamaan matematika, diagram, tabel dan gambar. Memahami masalah juga berarti
bahwa kita harus mengumpulkan fakta yang ada pada persoalan. Dalam memilih
lambang untuk besaran yang tidak diketahui digunakan suatu notasi, misalnya a,
b, m, x, ... dan seterusnya.
Baca juga :
2. Merencanakan Pemecahan (devising a plan)
Membuat rencana merujuk pada penyusunan model matematika dari masalah. Dengan demikian, dalam menyelesaikan masalah dibutuhkan kemampuan untuyk menganalisa masalah apakah :
Membuat rencana merujuk pada penyusunan model matematika dari masalah. Dengan demikian, dalam menyelesaikan masalah dibutuhkan kemampuan untuyk menganalisa masalah apakah :
a) Pernakah
ada soal ini sebelumnya? Adakah soal yang sama atau serupa dalam bentuk lain?
b) Pernah
ada solusi masalah yang mirip dengan soal ini? Teori mana yang dapat digunakan
dalam masalah ini?
c) Perhatikan
yang ditanyakan! Coba pikirkan soal yang pernah diketahui dengan pertanyaan
yang sama atau serupa?
d) Jika
ada soal yang serupa, dapatkah pengalaman yang lama digunakan dalam masalah
sekarang? Dapatkah anda menyatakannya dalam bentuk lain? Kembalikan ke
definisi. Andaikan soal baru belum dapat diselesaikan, coba pikirkan soal serupa
dan selesaikan
Sri Mulyani Menjadi Mentri Terbnaik Dunia
3. Melaksanakan Rencana Penyelesaian Masalah (carry-ingout the plan)
Melaksanakan rencana merujuk pada penyelesaian model matematika. Sehingga kemampuan yang dituntut pada tahap ini antara lain :
a) Melaksanakan
rencana pemecahan dan memeriksa tiap langkah pemecahannya?
b) Memeriksa
apakah semua langkah sudah benar?
c) Dapatkah
dibuktikan apakah langkah tersebut sudah benar?
4. Pengecekan kembali kebenaran penyelesaian (Looking back)
Sedangkan menelaah kembali berkaitan pemeriksaan solusi apakah sudah sesuai atau benar, apakah ada jawaban lain atau apakah ada cara lain? Maka perlu diperhatikan :
(a) Bagaiman
cara memeriksa kebenaran hasil yang diperoleh?
(b) Dapatkah
diperiksa sanggahannya?
(c) Dapatkah
dicari hasil itu dengan cara lain?
(d) Dapatkah
anda mencari hasilnya dengan cara yang berbeda?
(e) Dapatkah
hasil atau cara itu digunakan untuk masalah lain?
Solusi yang diperoleh
harus ditinjau kembali untuk meyakinkan bahwa solusi tersebut adalah benar. Ini
juga memungkinkan untuk mencari kemungkinan penyelesaian lain. Dari penjelasan diatas dapat
disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan siswa dalam
menyelesaikan suatu masalah matematika yang memuat indikator pemecahan masalah,
yaitu : (1) membuat model matematika dari masalah; (2) memilih strategi atau
cara pemecahan masalah yang tepat; (3) menerapkan strategi dan memecahkan
masalah; (4) membuat kesimpulan.
Penyebab Kematian Stephen Hawking
Penemuan Willian Hendry Yang menggemparkan Dunia
0 Response to "INDIKATOR Kemampuan Pemecahan Masalah"
Post a Comment