Logo Dan Tema Hardiknas 2018| Hari Pendidikan Nasional

kisanaris.com - Math is simple and fun. Hari pendidikan nasional diperingati pada tanggal 2 mei. Hal ini dilakukan untuk menghormati tokoh pendidikan yaitu bapak khi Hadjar Dewantara yang telah memperjuangkan pendidikan.

Logo Dan Tema HARDIKNAS Tahun 2018

Adapun logo HARDIKNAS tahun 2018 yaitu sebagai berikut :
Tema yaitu Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan
Kita patut merasakan sukacita pada tanggal 2 mei, karena tanggal tersebut merupakan tanggal yang sangat penting bagi pendidikan indonesia. Hari pendidikan nasional dirayakan tepat dihari kelahiran Bapak Ki Hadjar Dewantara.

Adapun di tahun 2018 ini pendidikan indonesia menyosong logo dengan menyosong tema yaitu Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan.

Cerita Dibalik HARDIKNAS (Hari Pendidikan Nasional) 

Tanggal 2 mei merupakan hari yang sangat ditunggu-tunggu bagi para pendidik dan seluruh warga indonesia. Sebab pada tanggal 2 mei bangsa indonesia memperingati hari pendidikan nasional atau sering disebut HARDIKNAS. 

Mengapa tanggal 2 mei menjadi hari pendidikan nasional? Baca juga : Sejarah Hari Pendidikan Nasional. 

Pada saat itu ketika masa penjajahan pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia, terdapat kenyataan bahwa hanya mereka keturunan Belanda dan orang-orang kaya saja yang bisa memperoleh pendidikan, sedangkan rakyat pribumi sengaja dibiarkan buta huruf dan tidak bisa mengenal pendidikan. 

Pahlawan yang memperjuangkan pendidikan nasional yaitu Ki Hadjar Dewantara dengan nama asli Raden Mas Soewardi Soeryaningrat berasal dari keturunan keraton Yogyakarta. 


Bapak Ki Hadjar Dewantara yang tidak kenal lelah memperjuangkan nasib rakyat pribumi agar bisa memperoleh pendidikan yang layak. 

Coba Anda bayangkan jika pendidikan tidak diperjuangkan saat itu maka sudah dapat dipastikan Indonesia tidak mungkin bisa maju dan berkembang perekonomiannya seperti yang kita rasakan saat ini. 

Dengan adanya kemudahan dalam menempuh jenjang pendidikan saat ini diharapkan bagi generasi muda, siswa dan pelajar dapat memanfaatkannya untuk menimba ilmu yang setinggi-tingginya. 

Seperti kutipan dalam kalimat kiasan “Tuntutlah Ilmu dari Buaian hingga ke Liang Lahat” atau “Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri Cina” dapat Anda resapi sebagai : Menuntut ilmu itu tidak mengenal adanya batasan umur dan usia, serta tempat. 

Ilmu merupakan jendela dunia, tingkatkan budaya membaca buku yang bermanfaat, bagi Anda yang memiliki keahlian, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi maka Anda akan bisa menguasai dunia dalam genggaman Anda. 

Untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional ini biasanya para pelajar atau siswa mengadakan apel bersama untuk mengenang jasa para pahlawan yang sangat berjasa dalam dunia pendidikan, setelah acara tersebut selesai biasanya ada beberapa sekolah atau instansi yang mengadakan lomba pidato mengenai peran penting pendidikan nasional di Indonesia. 

Dengan memperingati Hari Pendidikan Nasional setiap Tanggal 2 Mei ini diharapkan dapat memberikan makna tersendiri yang mendalam terhadap kemajuan pendidikan baik Formal maupun Informal di Indonesia.


0 Response to " Logo Dan Tema Hardiknas 2018| Hari Pendidikan Nasional"

Post a Comment