68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013 | Ringkasan

kisanaris.com - Math is simple and fun.


Ringkasan Buku 68 Model Pembalajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013


A. IDENTITAS BUKU

Judul buku  : 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013 
Penulis        : Aris Shoimin 
Tahun terbit : 2016 
ISBN           : 978 – 602 – 313 – 6017 – 7 
Penerbit       : AR – RUZZ MEDIA 
Alamat         : Jl. Anggrek No 126 sambilegi, maguwoharjo, depok, sileman, yogyakarta 


B. Ringkasan : 


Cooperatif learning merupakan suatu model pembelajaran yang mana siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil yang memiliki tingkat kemampuan berbeda. Dalam menyelesaikan tugas kelompok setiap anggota saling bekerja sama dan membantu untuk memahami suatu bahan pembelajaran. 

Dengan memanfaatkan kenyataan belajar berkelompok secara kooperatif akan melatih siswa untuk belajar berkelompok secara kooperatif akan melatih siswa untuk saling berbagai pengetahuan, pengalaman, tugas, dan tanggung jawab. 

Terdapat enam langkah utama atau tahapan dalam pelajaran yang menggunakan pembelajaran kooperatif. Pelajaran dimulai dengan guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa belajar. selanjutnya siswa dikelompokkan kedalam tim-tim belajar. 

Pada tahap ini guru membimbing siswa saat mereka bekerja sama untuk menyelesaikan tugas. Fase terakhir pembelajaran kooperatif meliputi presentasi hasil akhir kerja kelompok atau evaluasi tentang apa yang telah siswa pelajari dan memberi penghargaan terhadap usaha-usaha kelompok maupun individu. 

Langkah - Langkah Cooperatif Learning


Aktivitas Guru 

  • Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa 
  • Guru menyampaikan tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar 
  • Menyajikan informasi 
  • Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan 
  • Mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar.
  • Guru menjelaskan kepaa siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien. 
  • Membimbing kelompok bekerja dan belajar 
  • Guru membimbing kelompok – kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas. 

Evaluasi 
  • Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materiyang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya 
  • Memberikan penghargaan 
  • Guru mencari cara – cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu dan kelompok.

C. KEKURANGN BUKU 

  • Tidak mengkaji bagaimana konsep model pembelajaran cooperatif learning secara jelas
  • Kalimat yang digunakan kurang efektif
  • Tidak mengkaji bagaiman seorang guru menggunakan model pembelajaran cooperatif learning
  • Isi pembahasan lebih tertuju pada seorang dosen mengelola kelas
  • Tidak mengkaji prinsip dan implikasi model pembelajaran cooperatif leanring secara jelas
  • Kosakata atau diksi yang digunakan kurang efektif 

D. Kelebihan 

  • Dalam buku pertama memiliki isi pembahasan yang tidak dimiliki buku lainnya yaitu mengkaji bagaimana implikasi model pembelajaran cooperatif.
  • Isi buku mengkaji perbedaan model pembelajaran cooperatif dan model pembelajaran lainnya dengan jelas.
  • Isi pembahasan mudah dimengerti dan dipahami.
  • Dalam  buku kedua memiliki isi pembahasan yang tidak dimiliki buku lainnya yaitu pembahasan akan fase – fase dan aktivitas guru dengan menggunakan model pembelajaran cooperatif learning
  • Isi pembahasan sangat membantu guru menentukan langkah – langkah yang harus diambil dalam menggunakan model pembelajaran cooperatif learning
  • Isi pembahasan menggunakan kalimat yang cukup mudah dipahami

E. Kesimpulan
Model pembelajaran cooperatif learning lebih mengandung pengertian sebagai kerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Dengan model pembelajaran ini menunjukkan efektifitas yang sangat tinggi bagi memperoleh hasil belajar siswa baik dilihat dari pengaruhnya terhadap penguasaan materi maupun ketrampilan sosialnya didalam kelompok.

Materi Seputar Kampus

F. Saran
Sebaiknya dalam isi pembahasan setiap buku lebih diperdalam lagi sehingga dapat menjadi pegangan guru dalam melakukan aktivitas guru mengelola kelas. adapun untuk memperbaikinya dapat dilakukan dengan menggabungkan ketiga buku tersebut yang akan saling melengkapi satu sama lain.



0 Response to "68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013 | Ringkasan"

Post a Comment