Contoh Proposal PMW | PKM Wirausaha

kisanaris.com - Math is simple and fun.
Proposal PKM Wirausaha

Contoh Proposal PMW

Medan, Maret 2016
No          : 001/UM/HANDOL/PTN/MEDAN/I/2016
Lamp     : Foto Alat Peraga Dan Video
Hal          : Permohonan Bantuan Dana
............................
Kepada Yth :
Di
Tempat

                Dengan hormat,
                Dalam rangka melaksanakan usaha Handol (hope and dollar) yang dilakukan anak Pendidikan Matematik Universitas Negeri Medan. Saya ingin mengajuka proposal permohonan dana dengan keterangan diri sebagai berikut :

Nama    : HARIS HAMONANGAN SIBURIAN
Nim        : 41858900780
NO. Hp : 081219716138 
Alamat : Jl. Pardamean

Adapun usaha yang akan dilakukan dapat dilihat pada program kegiatan dalam pendahuluan. Usaha direncanakan akan dilakukan pada awal masuk libur semester 5 dimana adalah awal masuk pembelajaran tingkat Perkuliahan, SD, SMP/sederajat  dimulai.

Namun, Dalam melaksanakan Usaha Tersebut saya mengalami banyak kendala berupa kekurangan dana sebagaimana terlampir dalam proposal ini.

Oleh karena itu, besar harapan kami akan kemurahan hati dan uluran tangan bapak/ibu untuk berkenan turut ambil bagian dalam membantu saya demi kesuksesan usaha ini dan kemajuan matematik di medan.

Demikianlah permohonan ini saya perbuat, atas perhatian dan partisipasinya saya ucapkan terima kasih.
SALAM DAN HORMAT SAYA
HANDOL (HOPE AND DOLLAR)


Haris Hamonangan Siburian


Pengurus HANDOL


MATERI SEPUTAR KAMPUS

PROPOSAL KEGIATAN


I. LATAR BELAKANG 

Matematika merupakan cabang ilmu yang menjadi induk ilmu pengetahuan. Matematika menjadi sesuatu yang tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari.Namun, dewasa ini matematika selalu menjadi momok bagi sebagian besar siswa sehinggaterkesan sangat sulit. Hal ini hendaklah menjadi sorotan utama saya untuk membuka usaha Handol. Dengan usaha handol diharapkan dapat meningkatkan minat siswa terhadap matematika yang juga akan berdampak pada kualitas pendidikan di medan. 

Usaha Handol merupakan usaha mandiri yang dilakukan mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan. Handol merupakan singkatan dari “Hope And Dollar”. Hope berarti harapan dan Dollar berarti uang. Sehingga dapat diartikan bahwa HANDOL merupakan suatu harapan yang akan tercapai jika mempunyai uang. Dimana harapan handol adalah tingkat minat siswa terhadap matematika dapat meningkat serta dapat mewujudkan kualitas pendidikan yang baik pada Medan. 

Usaha handol memberikan sedikit tusukan terhadap ketertarikan siswa dengan matematika. Namun, handol masih belum dilaksanakan dikarenakan usaha handol yang masih dalam tahap pengumpulan dana. Setelah dana yang terkumpul mencukupi diharapkan usaha handol akan dapat dilaksanakan. Sebaliknya jika tidak terdapat dana yang mencukupi maka usaha handol akan masih terus menjadi angan-angan. 

II. NAMA USAHA 

Nama usaha yang akan dilakukan yaitu usaha HANDOL (Hope And Dollar) yang berfokuskan pada penjualan alat-alat peraga matematika dan namun juga menjual alat pendorong prkuliahan seperti alat-alat praktikum kimia. 

III. TUJUAN PELAKSANAAN USAHA HANDOL 

Adapun tujuan dari pelaksanaan usaha handol yaitu : 

- Meningkatkan minat siswa SD dan SMP/sederajat akan matematika 

- Membantu para guru memberikan bahan ajaran dengan mudah 

- Membantu mahasiswa dalam penyediaan alat-alat yang diperlukan pada saat praktikum 

- Membantu orangtuan dalam hal perekonomian (Membiayai diri sendiri) 

- Mencapai harapan yang selama ini menjadi angan-angan 

- Medorong rekan-rekan yang memiliki tujuan yang sama untuk meningkatkan pendidikan di medan khususnya matematika.

IV. KEGIATAN YANG AKAN DILAKUKAN

Adapun kegiatan yang akan dilakukan yaitu :

- Mengajukan Proposal pada setiap sekolah baik SD dan SMP tentang alat peraga yang akan dijual

- Mendatangi tiap-tiap kelas untuk mempromosikan alat-alat peraga ke tiap kelas

- Memberikan selebaran pada masyarakat umum

- Memberikan selebaran pada mahasiswa stambuk baru mengenai alat-alat prakikum.

V. Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Pelaksanaan usaha HANDOL akan dilaksanakan pada sekolah-sekolah di medan. Waktu pelaksanaan yaitu setibanya awal perkuliahan semester 5 dimulai dimana adalah tahun ajaran baru tingkat SD, SMP/sederajat dan SMA/sederajat.

VI. ANGGARAN BIAYA
Tentunya untuk dapat menjalankan usaha handol ini diperlukan dana sebagai modal awal penunjang (material) sehingga dapat menjalankan usaha ini dengan baik. oleh karena itu, saya selaku pemilik usaha handol membuat proposal ini. Kiranya bapak/ibu menerima dan menyetujui proposal ini agar harapan yang selama ini menjadi angan-angan dapat terwujudkan.

(ANGGARAN BIAYA KESELURUHAN TERLAMPIR)

VII. PENUTUP
Demikianlah proposal ini saya susun sebagai acuan dan arah usaha handol yang akan dilaksanakan. Agar usaha handol dapat terwujud dan berjalan dengan baik, untuk itu saya mengharapkan peran serta Bapak/Ibu untuk berpartisipasi membantu saya. Atas perhatian dan kerja sama yang baik saya mengucapkan terima kasih.

SALAM DAN HORMAT SAYA 


HANDOL (HOPE AND DOLLAR)

0 Response to "Contoh Proposal PMW | PKM Wirausaha"

Post a Comment